Archive for September 2012
Pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
== Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
- Kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
- Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
- Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
- Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
- Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
- Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bag administrasi maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh petugas bag administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas adminiistrasi. Jadi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan kolaborasi antar objek-objek yang ada karena setiap objek memiliki deskripsi tugasnya sendiri.
OBJECT ORIENTED PROGRAMING
Sekarang kita coba aplikasi sederhana pada android, yaitu “Hello World”
1. Setting SDK di eclipse.
SDK nya bisa di download di sini. Untuk menyetting di eclipse. Pilih Window-Preferences-Android-Android Location. Browse file SDK anda.
2. Buat AVD (Android Virtual Device) di eclipse.
a. Pilih Window > Android SDK and AVD Manager.
b. Lalu pilih Virtual Devices, New.
c. Create New AVD.
d. Masukkan Nama AVD anda, misal my_avd.
e. Target. Pilih yang tersedia, misal android 2.0.1
a. Pilih Window > Android SDK and AVD Manager.
b. Lalu pilih Virtual Devices, New.
c. Create New AVD.
d. Masukkan Nama AVD anda, misal my_avd.
e. Target. Pilih yang tersedia, misal android 2.0.1
3. Buat Android Project
Membuat “Hello World” di Android Menggunakan Eclipse
Membuat Project :
Setelah itu langkah yang harus dilakukan adalah :
1.
Membuat Classbank
2.
Membuat Classnasabah
3.
Membuat Class budi sebagai turunan dari kelas
nasabah
4.
Hasil run
Setelah itu kita akan mencoba memodifikasi class bank dengan
melakukan overloading constructor.
Melakukan modifikasi pada class nasabah.
Modifikasi pada class budi.
Hasil run
Lalu memodifikasi menggunakan construktor lain untuk membuat
objek pada class bank yang ada di class nasabah.
Hasil run
LAB ACTIVITY
Pengolahan citra merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer .
Operasi-operasi pada pengolahan citra secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
- Perbaikan kualitas citra (image enhancement)
- Pemugaran citra (image restoration)
- Pemampatan citra (image compression)
- Segmentasi citra (image segmentation)
- Analisa citra (image analysis)
- Rekonstruksi citra (image recronstruction)
Dari keenam operasi pengolahan citra , yang akan dibahas lebih lanjut yaitu mengenai PERBAIKAN KUALITAS CITRA .
A. Pengertian Perbaikan Kualitas Citra
Perbaikan kualitas citra merupakan proses penajaman fitur tertentu dari suatu citra atau proses memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra
B. Konsep Perbaikan Kualitas Citra
Operasi perbaikan citra :
•Perbaikan kontras gelap/terang
•Perbaikan tepian objek (edge enhancement)
•Penajaman (sharpening)
•Pemberian warna semu(pseudocoloring)
•Penapisan derau (noise filtering)
Ada dua metode yang digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas citra
a. Metode yang bekerja pada domain spasial
1. Point Processing
Cara ini merupakan cara termudah , proses yang dilakukan hanya melibatkan satu pixel saja , salah satu contohnya yaitu histogram . Histogram merupakan diagram yang menunjukkan distribusi kemunculan level keabuan suatu citra .
Beberapa jenis perbaikan kualitas citra dengan point processing yaitu :
· Image Negative
Hasilnya mirip dengan negatif film (klise)
· Contrast Stretching
Proses ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan cahaya (gelap) atau sebaliknya kelebihan cahaya (terang) pada saat pengambilan citra . Caranya dengan memperluas sebaran nilai keabuan pixel . Mengubah kontras dari suatu image dengan cara mengubah greylevel pixel-pixel pada citra menurut fungsi s = T(r) tertentu
r1 ≤ r2, s1 ≤ s2
r1 = r2, s1 = s2 tidak ada perubahan
r1 = r2, s1 = 0, s2 = 255 tresholding menjadi citra biner dengan ambang r1
Citra masukan yang grey level nya tidak penuh dari 0 – 255 (low constrast) diubah menjadi citra yang grey level nya berkisar dari 0 – 255 (high contrast)
· Histogram Equalization
Pada histogram equalization terdapat dua jenis yaitu :
a. Pemrosesan histogram yang dilakukan secara global
Mengubah pemetaan greylevel agar kontrasnya lebih menyebar pada kisaran 0-255
b. Pemrosesan histogram yang dilakukan secara lokal
Biasa juga disebut Specification Histogram yaitu histogram equalization yang dilakukan pada area atau bagian tertentu saja .
· Image Subtracting
Dilakukan jika kita ingin mengambil bagian tertentu saja dari citra
· Image Averaging
Dilakukan jika beberapa citra yang bergambar sama , namun semua citra memiliki noise . Noise satu citra berbeda dengan citra lainnya (tidak berkorelasi) . Cara memperbaikinya adalah melakukan operasi rata-rata terhadap semua citra tersebut
2. Mask Processing
Jika pada point processing hanya dilakukan operasi terhadap masing-masing pixel , mka pada mask processing dilakukan operasi terhadap suatu jendela ketetanggaan pada citra . Kemudian menerapkan suatu mask terhadap jendela tersebut . Mask sering disebut filter . Perbedaan dengan point processing yaitu pada point processing , nilai suatu pixel tidak dipengaruhi oleh nilai tetangganya
b. Metode yang bekerja pada domain frekuensi
C. Contoh :
Sebelum
Citra Lena yang terlalu gelap Histogram
(kontras rendah)
Sesudah
Citra Lena yang bagus (normal) Histogram
(kontras bagus)
KONSEP DASAR PENGOLAHAN CITRA
Untuk mempermudah instlasi, copykan semua file dan folder dari cd ke directory dalam drive hardisk anda.
Urutan instlasi dianjurkan sesuai urutannya
o Install Java
o Install Eclipse
o Install Android SDK
o Install ADT di eclipse.
o Buku source code project buku
Instlasi Java
Apabila java software devlopment kit belum ada dalam komputer yang akan anda gunakan, anda dianjurkan untuk instlasi java dengan cara mengklick file instlasi java.
Destination folder
Instlasi Eclipse.
Ketika instlasi eclipse dan adt dianjurkan anda dalam keadaan offline (tidak sedang koneksi dengan internet).
Tentukan eclipse yang mau anda install (windows 32 bit or windows 64 bit).
Eclipse sebenarnya bukan dilakukan instlasi tetapi hanya ekstrack file
Ekstrack file eclipse ke folder dimana anda mau letakkan file eclipse (untuk standard anda dapat melakukan ekstrak di c:\Program files\ untuk windows atau /home/user1/Documents/ untuk linux)
Jika anda menggunakan linux ubuntu,, eclipse merupakan packet software yang otomatis bisa anda install dengan perintah sudo apt-get install eclipse (tentunya set reposotory anda akif).
Untuk membuka eclipse, anda dapat masuk ke directory tempat eclipse di ekstrac,
Double click file eclipse.exe
Instlasi Android SDK.
Ekstrak file android Android SDK.rarke directory dimana anda mau letakkan file android skd
(standard)
Windows - c:\program files\Android SDK (sebelum ekstract anda harus buat directory Android SDK dulu)
Linux -- /home/user1/Documents/Android SDK
Instlasi ADT
Ekstrack file ADT-8.0.1.zip sehingga terbentuk directory ADT-8.0.1
Buka eclipse setelah itu pilih Help- software updateAdd site pilih local browse direcoty ADTCentang/checlicknext untuk instlasi.
Menghubungkan Android SDK dengan Eclipse
Buka eclipse—pilih preference—pilih pilahan android pada path browse ke direcoty tempat penyimpanan Android SDKkemudian Applay sehingga muncul 4 platform yaitu platform android 2.3 dan platform android 2.2.
Gambar berisi semua platform android dari versi lama sampai dengan versi terbaru, cd hanya berisi platform android 2.2 dan 2.3,, karena platform itulah yang terbaru dan paling stabil..
Membuat AVD
Buka Eclipse,, click icon Android SDK and AVD Manager
Atau menu windows – Android SDK and AVD Manager
Click new untuk membuat AVD sebanyak 4 buah yaitu :
Platform android 2.3
Plafform Google’s Api’9
Platform android 2.3
Plafform Google’s Api’9
Sekarang anda sudah siap coding android, selanjutnya copykan source code yang dibahas pada buku ini ke direcoty document anda, dan ikut cara membuka pada bagian berikut.
Menggunakan Sour code project
Dalam menggunakan source code code project anda dapat lakukan dengan langkah berikut
-Eclipse- File New -- Project – Android Project – create project from existing source – kemudian pada location browse folder latihan kita. Anda hanya dapat melakukannya secara bergantian untuk project-project yang lain.
Sebenarnya anda dapat melakukannya sekaligus dengan teknik import, tetapi dengan teknik ini ada beberapa file source code project kita dengan nama apk yang sama tidak bisa sekaligus di import.
Click kanan project – run as – android application